Sungai Tamborasi Kolaka, Wisata Menarik Sungai Terpendek Di Dunia

Wisata Kolaka - Kolaka Sulawesi Tenggara, mungkin kabupaten ini banyak yang belum mengenalnya sebagai tempat wisata. Tapi ternyata tempat ini layak dikatakan salah satu nirwana terindah yang ada di Indonesia.

sumber : otonomi.co.id
Salah satu objek wisata yang paling menarik dan mempesona yaitu Sungai Tamborasi. Sungai Indah yang menyandang predikat sungai terpendek di Dunia. Sungai ini terletak di desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka.
a photo by @jejakjejakpajokka via instagram
Desa ini berjarak sekitar 242 kilometer dari Ibukota Sulawesi Tenggara, Kendari. Untuk mencapai ke lokasi Desa Tamborasi Anda harus melaksanakan perjalanan darat sekitar empat setengah jam. Jika Anda berada di Kota Kolaka maka Desa Tamborasi berjarak sekitar 87 kilometer dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih dua jam.

a photo by @novaldrs via instagram
Baca juga 15 Tempat Wisata di Purwakarta Jawa Barat yang Paling Menarik

Ketika menginjakkan kaki ke desa Tamborasi, Anda akan melihat sebuah lukisan alam yang benar-benar luar biasa. Bebukitan dengan pepohonan hijau dan biru jernihnya air bahari menciptakan tempat ini kolam nirwana wisata yang belum terekspos pesonanya.

sumber : travel.kompas.com
Sebuah Sungai terpendek yang memiliki hulu dan hilir dalam satu tempat tak ditemukan di tempat lain di Indonesia. Menurut beberapa sumber bahwa sungai ini hanya sepanjang 24 meter. Tapi ada juga yang menyampaikan sungai ini mempunyai panjang sekitar 60 meter.

sumber : imgrum.net
Letaknya yang berdampingan dan dipisahkan oleh seonggok pasir putih pantai menciptakan panorama di sungai ini begitu mempesona. Di tempat ini Anda sanggup mandi dengan dua sensasi air. Air yang terasa hirau taacuh berasal dari sumber mata air yang berada di hulu sungai. Dan air yang terasa hangat berasal dari bahari yang menjadi muara di hilir sungai ini.

a photo by @paallodita via instagram
Di tempat ini Anda sanggup melaksanakan cliff Jumping karena di pinggir sungai ini terdapat sebuah tebing yang sanggup Anda panjat untuk melompat ke sungai yang indah ini.
a photo by @wira_muhamad29 via instagram
Saat senja tiba, sunset yang indah dan semilir angin pantai menciptakan suasana pergantian siang menjadi malam terasa begitu nikmat. 

a photo by @vittoleeminho via instagram
Berbicara akomodasi di tempat ini tersedia beberapa gazebo tempat beristirahat Anda yang begitu nyaman. Memang untuk hotel belum ada di tempat ini. Tapi Anda tak perlu khawatir, sebab ada beerapa rumah makan yang menyediakan penginapan yang cukup layak untuk Anda tempati.

a photo by @lianasofiani via instagram
Perjalanan yang jauh menuju desa ini memang terasa amat melelahkan, tapi lelah tesebut akan hilang dikala Anda melihat keajaiban alam yang ada di Desa ini.

a photo by @nurulhikmahnirwan_ via instagram
Hal terbaik dan terindah yang ada di muka bumi Tamborasi ini jangan hanya kita lihat dan nikmati saja keindahannya, tetapi harus kita jaga dan kita lestarikan. Agar menjadi warisan tak ternilai bagi penerus bangsa ke depannya. Baca juga 

Komentar

Postingan Populer