11 Kawasan Wisata Di Bengkalis Paling Menarik Untuk Dikunjungi

Wisata Bengkalis - Bengkalis merupakan salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Riau yang mempunyai potensi luar biasa. Kabupaten ini mempunyai letak yang amat strategis yaitu berbatasan eksklusif dengan negara Malaysia.

Bengkalis yang terdiri dari deretan pulau-pulau indah mempunyai pesona budaya dan keindahan alam yan layak untuk Anda jadikan sebagai salah satu tujuan wisata di pulau Sumatera. Apa saja tempat-tempat indah dan menarik tersebut ? Berikut ulasannya. 

1. Pantai Rupat Utara


sumber : www.riausidik.com
Pantai Rupat Utara merupakan pantai bagus yang terdapat di pulau Rupat. Pulau Rupat merupakan deretan pulau yang berada di Garis terdepan Indonesia. Kondisi pantai yang berada di pulau yang dihuni sekitar 50.000 jiwa ini sangat alami dan indah.

Pantai ini terletak di desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis. Untuk hingga ke pulau nan eksotis ini, dari kota Pekanbaru Anda harus melaksanakan perjalanan menuju pelabuhan Dumai dengan jarak sekitar 181 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan.   


Setelah hingga di pelabuhan Buluh Kasap Dumai, Anda harus menyeberang  sekitar setengah jam perjalanan Anda akan hingga di pelabuhan pulau Rupat. Untuk menyeberang Anda akan dikenakan tarif Rp100.000,- untuk kendaraan beroda empat dan Rp10.000,- perpenumpang. Kemudian Anda harus melaksanakan  perjalanan selama 3 jam untuk menuju pantai rupat utara yang begitu asri dan menarik ini.


Fasilitas di Rupat Utara terbilang cukup memadai. Tersedia penginapan dan beberapa tempat makan yang akan menciptakan perjalanan wisata Anda begitu menarik dan nyaman. 


Sesamai di pantai ini Anda akan begitu terpesona dengan keindahannya yang seakan-akan dengan pantai sanur di Bali. Di pantai ini Anda sanggup menikmati keindahan sunrise dan sunset, berenang di pantai yang biru jernih dengan pasir putih yang menawan, menyaksikan pesona budaya tari zapin api yang unik serta menikmati jajanan khas Rupat ang sangat lezat.


2. Pulau Beting Aceh


Sumber : Tripriau.com

Tak jauh dari pantai rupat utara, Anda sanggup menyeberang ke pulau nan eksotis dan tak berpenghuni yaitu Pulau Beting Aceh. Pulau Cantik dengan pasir putih dan pemandangan yang menyejukkan mata Anda ini merupakan salah satu tempat terindah yang ada di Bengkalis.

Pulau tak berpenghuni ini, layak Anda jadikan tempat untuk berbulan madu dengan suasana yang begitu syahdu dan Anda juga akan mencicipi mempunyai private beach dengan luas sekitar 2 hektare.


3. Wisata Hutan Lindung Bukit Batu


a photo by amir_hamz
Tempat lainnya yang menjadi favorit di Bengkalis yaitu daerah Hutan Lindung Bukit Batu. Kawasan ekowisata hutan rawah gambut ini merupakan tempat yang sangat asri dengan kekayaan tanaman dan fauna.

4. Taman Pelatihan Gajah Bukit Batu



Berada di daerah yang sama dengan hutan rawah gambut, ada satu tempat yang menjadi favorit bagi wisatawan kalau berkunjung ke Bukit Batu yaitu  Pusat Pelatihan Gajah. Di tempat ini Anda sanggup berinteraksi secara eksklusif dengan Gajah yang telah dilatih bahkan Anda sanggup menunggangi gajah tersebut. Gaja-gajah terlatih ini sangat atraktif dengan banyak sekali atraksi yang memukau pengunjung.

5. Taman Laut Prapat Tunggal 


sumber : Halloriau.com
Salah satu tempat terindah di Bengkalis lainnya yaitu Taman Laut Prapat Tunggal. Tempat ini amat populer dengan keindahan alam yang berpadu dengan acara nelayan yang kemudian lalang setiap harinya. Keindahan lainnya yaitu keindahan bawah bahari dan keeksotisan sunset kala senja tiba. Benar-benar luar biasa. Di tempat ini tersedia banyak sekali tempat makan dengan citarasa yang begitu luar biasa.

6. Pantai Jangkang

sumber : tifanyputrisahara.blogspot.co.id
Pantai Jangkang yaitu sebuah pantai yang indah yang terletak di Desa Jangkang.  Pantai ini sangat indah dengan deretan tangga yang memanjang erat bibir pantai. Pantai berjarak sekitar 25 kilometer dari ibukota Bengkalis. Pantai dengan pasir hitam ini, sangat indah kalau dinikmati sore hari. Namun, kemudahan di pantai ini masih sangat minim. Untuk berkunjung ke tempat ini Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya.

7. Pantai Selat Baru
sumber : www.pecintaalam.org
Tak lengkap rasanya kalau ke Bengkalis, Anda tidak mengunjungi pantai indah ini. Pantai bagus ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dan masyarakat yang ingin menikmati suasana indah bahari Bengkalis. Pantai ini terletak di Desa Selat Baru Kecamatan Bantan berjarak 13,3 kilometer dari Kota Bengkalis. Keindahan pantai ini benar-benar mempesona. 

8. Rumah Adat Melayu Bengkalis

sumber : Lancangkuning.com
Bagi Anda penggemar wisata budaya, Balai moral melayu Bengkalis sanggup Anda jadikan salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi kalau ke Bengkalis. Rumah moral yang melambangkan kebesaran budaya melayu ini mempunyai arsitektur dan desain ruang yang unik dan khas. Balai moral ini berlokasi di Jl. Gatot Subroto di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

9. Taman Kera Jinak Sekodi

sumber : Detikforum
Jika Anda ingin berinteraksi dengan hewan primata kera, Anda sanggup mengunjungi taman simpanse jinak yang terletak di tepi pantai Desa Sekodi. Taman ini berjarak sekitar 50 kilometer dari Kecamatan Bengkalis dengan waktu tempuh sekitar sejam lebih. Selain, berinteraksi dengan kera-kera yang jinak, tak jauh dari tempat ini juga terdapat pantai dengan panorama yang begitu indah.

10. Masjid Agung Istiqomah Bengkalis


sumber : kaskus.com
Masjid Agung Istiqomah yaitu salah satu tempat wisata religi yang sanggup Anda kunjungi di Bengkalis. Masjid yang mempunyai arsitektur yang sangat indah ini merupakan masjid pujian masyarakat Bengkalis. Perpaduan gaya arsitektur melayu, arab dan turki  membuat masjid ini terletak indah dan menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah. Masjid ini terletak JL. Kapten Patimura, Kec. Bengkalis, Kabupaten Bengkalis. 

11. Hotel Marina Bengkalis


sumber : marinahotel.blogspot.com
Hotel Marina yang terletak di jalan Yos Sudarso ini merupakan hotel terbesar yang ada di pulau Bengkalis. Hotel ini dilengkapi banyak sekali kemudahan dengan pemandangan indah pantai Marina yang amat menyejukkan mata.

Keindahan Bengkalis memang luar biasa, kabupaten ini layak menjadi tujuan wisata Anda alasannya yaitu keindahan dan keunikan budayanya yang begitu mempesona.

Baca juga 

Komentar

Postingan Populer